Senin, 22 Agustus 2011

Belajarlah Dari Kisah-Kisah Terdahulu

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Qur'an itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Q.S. Yusuf: 111)


Pelajarilah kisah-kisah yang menceritakan orang-orang yang beriman dan orang-orang yang kafir agar kita tahu yang mana jalan yang benar dan mana jalan yang salah. Allah menceritakan kisah-kisah orang terdahulu bukan berangkat dari omong kosong, melainkan agar kita termotivasi dan tidak terjebak pada kesalahan sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang sebelum kita.

Dalam Al Qur'an Allah menceritakan kisah-kisah setan yang terkutuk, penyimpangan, perjalanan yang tidak lurus, penghancuran, lalu menceritakan orang-orang yang mengikuti langkah-langkah setan yang sempoyongan dan permusuhan.


Tujuan disini tidak lain agar umat manusia mengambil hikmah dari kejadian-kejadian tersebut. Pelajarilah kisah-kisah Al Qur'an dan kemudian ambillah yang baik, agar kita tidak tersesat.

2 komentar:

  1. Makasih mas, kita memang sudah sepantasnya menghormati sejarah. Dtunggu kdatangannya dblog saya

    BalasHapus
  2. sejarah memang tidak bisa bohong...kebaikan tidak akan pernah mati

    BalasHapus